Bansos April Sudah Cair Lho, Kamu Dapat Nggak? Coba Cek dengan Cara Ini

- Selasa, 6 April 2021 | 09:16 WIB
Ilustrasi bansos tunai / dok. Ekoanug - Pixabay
Ilustrasi bansos tunai / dok. Ekoanug - Pixabay

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Penyaluran Bansos April 2021 ini telah mulai dilaksanakan dan masyarakat sudah bisa menikmati bantuan tersebut. Bagaimana cara cek penerima bansos? Silahkan buka situs dtks.kemensos.go.id dan ikuti langkah berikut.

Menurut data yang telah dihimpun Kemeterian Sosial, jumlah keluarga penerima manfaat lebih dari 17 juta keluarga. Sembari menyalurkan bansos tersebut, pemerintah melalui pihak terkait juga terus menyelaraskan data yang dimiliki agar semua bantuan bisa diterima tepat sasaran.

Seharusnya jika Anda masuk dalam KPM yang telah didata, Anda sudah bisa menerima bansos Maret-April yang direncanakan mulai diterimakan sejak 29 Maret lalu. Jika belum juga mendapat konfirmasi atau bansos, Anda bisa mengecek data terkini dengan beberapa cara berikut.

Cara Cek Penerima Bansos di dtks.kemensos.go.id

Cara yang harus Anda lakukan cukup mudah.

  1. Buka link seperti yang ada di atas tadi, dtks.kemensos.go.id untuk mengecek BST (Bantuan Sosial Tunai) , BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai ), dan PKH (Program Keluarga Harapan).
  2. Pilih ID kepesertaan yang akan Anda gunakan.
  3. Masukkan Nomor Kepesertaan dari ID yang telah dipilih, dan masukkan nama sesuai ID tersebut.
  4. Masukkan 4 huruf kode yang ada pada kotak kode, jika gagal, klik kotak kode untuk mendapatkan kode baru.
  5. Jika Anda terdaftar, Anda akan melihat data nama, keterangan bahwa identitas ditemukan, dan status kepesertaan atau penyaluran bansos Maret-April 2021.

Agenda Penyaluran Bansos

Jika dilihat kembali pada agenda yang dimiliki pemerintah, program penyaluran bantuan sosial tunai ini sendiri akan selesai pada bulan April. Hingga saat ini, tercatat program telah berjalan sejauh 98% dari target yang ditetapkan. Artinya tinggal sedikit lagi hingga keseluruhan total bantuan akan diterimakan pada masyarakat yang menjadi target utama dari bantuan ini.

DIharapkan dengan selesainya program BST periode Maret-April 2021 ini, masyarakat kembali memiliki daya beli yang sempat hilang akibat pandemi yang belum juga berakhir. Di waktu yang sama, pemerintah juga akan terus mengadakan studi mengenai program selanjutnya yang dapat membantu masyarakat bertahan.

Program bansos Maret-April 2021 memang dapat dikatakan berhasil. Dari mulai pendataan, proses seleksi, hingga penyaluran, semua nampak berjalan lancar. Meski memang belum benar-benar 100% program selesai, namun jika melihat progresnya tentu pemerintah optimis program ini dapat memberikan bantuan signifikan untuk masyarakat secara umum.

Halaman:

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

8 Tips Dapat Tiket Promo Pesawat Lebih Mudah

Selasa, 21 September 2021 | 12:32 WIB

BST Juli dan Agustus 2021 di DKI Belum Jelas!

Rabu, 15 September 2021 | 07:06 WIB

7 Laptop Terbaik Harga Murah

Rabu, 18 Agustus 2021 | 13:22 WIB

PPKM Diperpanjang Sampai Tanggal 16 Agustus 2021

Senin, 9 Agustus 2021 | 22:34 WIB

Terpopuler

X