Resmi Diakui Sebagai Pria, Aprilia Manganang Ganti Nama Jadi 'Lanang'

- Kamis, 18 Maret 2021 | 14:34 WIB
dok. Instagram
dok. Instagram

JAKARTA, AYOBEKASI.NETSerda Aprilia Santini Manganang atau Aprilia Manganang ganti nama jadi Lanang setelah jadi lelaki. Nama itu diberikan oleh Istri Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Hetty Andika Perkasa.

Nama Lanang itu berarti lelaki, menurut Hetty Andika Perkasa. Hetty berdoa Aprilia jadi lelaki sejati.

"Saya kasih namanya dengan doa. Jadi saya kasih nama Manganang, Lanang. Lanang itu lelaki, itu bahasa Jawa," kata Hetty Andika Perkasa dalam YouTube TNI AD, Kamis (18/3/2021).

Mantan Atlet Voli Putri Tim Nasional Indonesia, Aprilia Manganang membuat warganet heboh. Namanya bahkan menjadi trending topic di Twitter Rabu (10/3/2021) setelah diumumkan berjenis kelamin laki-laki. Kepala Staf Angkatan Darat/KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan, berdasarkan ilmu kesehatan urologi, Aprilia memiliki jenis kelamin pria.

Pria yang memiliki jabatan sebagai Sersan Dua/ Serda di satuan TNI Angkatan Darat ini disebut mengalami kelainan hipospadia yang dialaminya sejak lahir di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Dalam pemeriksaan medis, dilihat dari urologi ternyata bahwa Sersan Manganang lebih memiliki organ-organ jenis kelamin laki dan bahkan tidak ada organ internal jenis kelamin wanita.

Secara administratif dan sosial, Aprilia dikenal sebagai seorang wanita. Namun, melalui pemeriksaan secara medis, Aprilia dinyatakan oleh seorang pria. Kedepannya, akan dilakukan perubahan pada bagian administrasi dan sebagainya mengenai perubahan jenis kelamin Serda Aprilia.

Perubahan jenis kelamin mantan atlit voli putri ini cukup mengguncang warganet. Banyak yang lantas menyampaikan pendapat mereka mengenai laki-laki bertubuh kekar tersebut. Meski dinyatakan wanita sejak lahir, namun Aprilia sendiri memiliki bentuk tubuh seperti seorang pria.

Menjadi trending topic di Twitter banyak warganet yang menilai jika Aprilia memiliki paras yang tampan. Selain bentuk tubuh yang semakin kekar dengan otot yang besar di bagian tubuh atasnya, Aprilia juga memangkas rambutnya menjadi cepak, sehingga nampak benar-benar seperti seorang pria.

"Kak Aprilia Manganang ganteng banget sekarang. Semoga segala sesuatunya dipermudahkan dan semakin bersinar karirnya," tulis akun @hiboo****.

Halaman:

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

8 Tips Dapat Tiket Promo Pesawat Lebih Mudah

Selasa, 21 September 2021 | 12:32 WIB

BST Juli dan Agustus 2021 di DKI Belum Jelas!

Rabu, 15 September 2021 | 07:06 WIB

7 Laptop Terbaik Harga Murah

Rabu, 18 Agustus 2021 | 13:22 WIB

PPKM Diperpanjang Sampai Tanggal 16 Agustus 2021

Senin, 9 Agustus 2021 | 22:34 WIB

Terpopuler

X