Serah Terima Dubes RI untuk Ekuador, Presiden Lenin Moreno Titip Salam Hangat kepada Jokowi

- Jumat, 15 Januari 2021 | 10:37 WIB
Serah terima duber RI untuk Ekuador. (dok KBRI Ekuador)
Serah terima duber RI untuk Ekuador. (dok KBRI Ekuador)

EKUDOR, AYOBEKASI.NET -- Presiden Ekuador Lenin Moreno menitipkan salam hangat untuk Presiden Joko Widodo kepada Dubes RI Quito Agung Kurniadi. Hal ini dilakukan Presiden Moreno di Istana Carondelet Quito (14/01) saat menerima surat kepercayaan Presiden RI Joko Widodo atas penunjukan Agung Kurniadi sebagai Duta Besar RI untuk Ekuador.

Acara penerimaan surat-surat kepercayaan duta besar asing tersebut berlangsung khidmat dengan pengaturan protokol kesehatan yang ketat, serta pembatasan jumlah tamu yang hadir. 

Presiden Moreno hanya didampingi Menteri Luar Negeri, Luis Gallegos Chiriboga, sedangkan para duta besar hadir tanpa pendamping.

Selain Duta Besar Indonesia, duta besar asing yang turut menyampaikan surat-surat kepercayaan kepada Presiden Lenin Moreno adalah Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Slovenia, Thailand, dan Ceko.

 “Penduduk Ekuador sangat beragam yang merupakan para migran yang berasal dari Eropa, Asia dan Afrika, sehingga membentuk Ekuador sebagai negara berpenduduk mestizo dengan keberagaman yang tinggi,” kata Presiden Moreno melalui keterangan resmi yang diterima Ayobekasi.net.

Presiden Moreno juga mengundang untuk bekerjasama di bidang ekonomi dan investasi mengingat Ekuador merupakan negara di kawasan Amerika Latin yang memiliki stabilitas moneter dan hukum.

Pada kesempatan pertemuan tersebut Dubes Agung Kurniadi juga menyampaikan salam hangat Presiden Joko Widodo kepada Presiden Moreno, sekaligus menegaskan komitmen Indonesia untuk memperkuat kerjasama kedua negara di berbagai bidang.  Dubes Agung Kurniadi menegaskan Indonesia akan terus meningkatkan kerjasama yang telah berjalan dengan Ekuador, khususnya kerjasama ekonomi, termasuk perdagangan dan industri.

Tahun lalu Indonesia dan Ekuador merayakan 40 tahun terjalinnya hubungan bilateral. Indonesia membuka Kedutaan Besar RI di Quito pada tahun 2010 dan Duta Besar Agung Kurniadi merupakan Duta Besar RI untuk Ekuador yang ketiga sejak dibukanya perwakilan RI di Ekuador. Program prioritas Dubes Agung Kurniadi di Ekuador antara lain memajukan kerjasama yang mendorong percepatan pemulihan ekonomi, serta meningkatkan pelayanan dan perlindungan terhadap warga negara Indonesia. 

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Satu Orang Positif Covid-19, Perth Terapkan Lockdown

Senin, 1 Februari 2021 | 14:56 WIB

Arab Saudi Siapkan PingMe untuk Gantikan WhatsApp

Jumat, 22 Januari 2021 | 12:43 WIB

5 Cemilan Favorit Keluarga Kerajaan Inggris

Rabu, 25 November 2020 | 14:33 WIB

FPI Sebut Presiden Prancis Seburuk-buruknya Mahluk

Senin, 2 November 2020 | 15:27 WIB

Ngeri! Covid-19 di Dunia Lampaui 30 Juta Kasus

Jumat, 18 September 2020 | 16:05 WIB

Negara Kaya Kembali Normal Setelah Pandemi pada 2022

Kamis, 17 September 2020 | 11:02 WIB

14 Negara Klaim Belum Disentuh Kasus Covid-19

Selasa, 25 Agustus 2020 | 09:20 WIB
X