Google Doodle Rayakan Ultah ke-125 Marie Thomas, Siapakah Dia?

- Rabu, 17 Februari 2021 | 13:42 WIB
Google Doodle Rayakan Ultah ke-125 Marie Thomas (dok)
Google Doodle Rayakan Ultah ke-125 Marie Thomas (dok)

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Sosok bernama Marie Thomas, dikenang oleh Google Doodle pada Rabu, 17 Februari 2021.

Beberapa dari kalian mungkin baru mengenal perempuan yang berpakaian ala dokter berjas putih dilengkapi stetoskop ini. Tak hanya itu, Marie Thomas ditampilkan memiliki rambut yang digelung. Ia juga terlihat menggendong bayi.

Diketahui, Marie Thomas terkenal sebagai perempuan yang murah hati dan sering memberikan perawatan gratis kepada orang yang tidak mampu.

Dirinya juga mendirikan sekolah kebidanan pertama di Sumatera yang kala itu hanya terdapat dua tempat di seluruh wilayah yang kini bernama Indonesia.

"Selamat ulang tahun dr. Marie Thomas. Terima kasih atas dedikasinya yang tanpa pamrih untuk kehidupan orang lain yang telah membuka jalan bagi perempuan di Indonesia untuk mengejar kedokteran dan pendidikan tinggi," demikian tertulis dalam laman resmi Doodles.

Dikisahkan, Marie Thomas sering berpindah tempat tinggal selama masa kanak-kanak hingga sebelum lulus dari sekolah Eropa yang berada di Manado, Sulawesi Utara. 

"Doodle hari ini merayakan ulang tahun ke-125 dr. Marie Thomas, salah satu dokter wanita pertama di Indonesia," tulis Google.

"Lahir hari ini pada 1896 di desa Likupang, Indonesia, Marie Thomas mengukir sejarah sebagai spesialis wanita pertama di bidang ginekologi dan kebidanan," tulis Google melanjutkan.

Ia dapat menempuh pendidikan berkat bantuan apoteker perempuan pertama di Belanda, Charlotte Jacobs, yaitu berupa dana beasiswa untuk calon dokter perempuan Indonesia.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Triwulan II 2021, Total Aset bank bjb Tumbuh 20%

Kamis, 5 Agustus 2021 | 17:05 WIB
X