Pakar: SDM di BPJamsostek Siap Bersaing di Era Industri 4.0

- Jumat, 29 Januari 2021 | 07:53 WIB
Pakar: SDM di BPJamsostek Siap Bersaing di Era Industri 4.0/ilustrasi
Pakar: SDM di BPJamsostek Siap Bersaing di Era Industri 4.0/ilustrasi

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Akademisi IPB University memandang sumber daya manusia (SDM) atau human capital di BPJS Ketenagakerjaan yang dikelola dengan basis kompetensi sudah mampu bersaing pada era Industri 4.0.

Ketua Program Studi Magister (S2) dan Doktor (S3) Sekolah Bisnis IPB University, Prof. M. Syamsul Maarif, menilai sejak beberapa tahun belakangan ini BPJS Ketenagakerjaan memperlihatkan hasil dari penerapan pengelolaan human capital berbasis kompetensi.

Menurut Syamsul, pengelolaan human capital berbasis kompetensi memiliki peran penting bagi transformasi organisasi menuju transformasi digital yang sesuai dengan tantangan pada era Industri 4.0.

“Perkembangan BPJamsostek akhir-akhir ini menunjukkan keberhasilan peningkatan kinerja organisasi secara signifikan,” ujar Syamsul, Kamis 28 Januari 2021.

Dalam pandangan Syamsul, pengelolaan SDM di BPJamsostek pun telah menerapkan sistem human capital terintegrasi yang berbasis kompetensi dan kualifikasi. “Serta didukung teknologi Human Capital Information System (HCIS) mulai dari proses rekrutmen, assement centre, manajemen kinerja, hingga talent management.”

Menurut Syamsul, HCIS BPJamsostek bertumpu pada prores rekrutmen yang adil dan transparan, pengembangan kompetensi yang berdampak pada bisnis. Selain itu juga berdasarkan manajemen kinerja yang memotivasi, objektif dan adil, remunerasi yang kompetitif, hubungan antarkaryawan yang harmonis, dan dukungan teknologi.

Dengan sederet langkah tersebut, ujar Syamsul, upaya perluasan kepesertaan dan pelayanan prima bisa terwujud karena didukung strategi human capital yang membangun budaya kerja yang tinggi, pengembangan kepemimpinan organisasi, dan pusat pembelajaran jaminan sosial.

Keberhasilan pengelolaan SDM di badan hukum publik itu juga tampak dari langkah manajemen semasa pandemi Covid-19 yakni menerapkan bekerja dari rumah (work from home) secara proporsional sedari dini sesuai protokol kesehatan.

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

Triwulan II 2021, Total Aset bank bjb Tumbuh 20%

Kamis, 5 Agustus 2021 | 17:05 WIB
X