Pakai Masker di Rumah, Ikhtiar Cegah Covid-19 dari Klaster Keluarga

- Kamis, 31 Desember 2020 | 14:50 WIB
Ilustrasi memakai masker di dalam rumah. (Ayobandung.com/Fira Nursyabani)
Ilustrasi memakai masker di dalam rumah. (Ayobandung.com/Fira Nursyabani)

BEKASI TIMUR, AYOBEKASI.NETLuna, bukan nama sebenarnya, tak henti mengucap syukur ketika suami dan adiknya dinyatakan sembuh dari Covid-19. Hasil swab mereka dinyatakan negatif setelah menjalani isolasi di rumah selama 13 hari.

Wanita 34 tahun ini lantas bercerita bagaimana kedua anggota keluarganya tersebut terinfeksi virus corona. Penelusuran yang dilakukan Puskesmas Bekasi Jaya, Bekasi Timur menunjukkan bahwa penularan berasal dari klaster keluarga.

“Adik aku sempat main ke rumah om dimana mereka itu sekeluarga baru pulang dari Banten. Om aku duluan yang sakit, terus enggak lama adik aku, baru setelah itu suami aku. Nah, keluarga om aku itu sekeluarga juga positif,” kata Luna kepada Ayobekasi.net, Kamis (31/12/2020).

Ketika adik dan suaminya dinyatakan positif, maka seluruh anggota keluarga lain yang berjumlah enam orang ikut dilakukan swab PCR test. Beruntung, mereka semua dinyatakan negatif.

“Jadi satu rumah kami ada delapan orang, yang positif dua, sementara yang lain alhamdulillah negatif. Tapi, tetap waktu isolasi mandiri kami misah di kamar dan kamar mandi yang beda,” ujarnya.

AYO BACA : Begini Rekomendasi Penggunaan Masker Dalam Rumah Versi CDC

Luna lantas mengungkap dugaan dirinya tidak ikut tertular Covid-19 walaupun berstatus kontak erat dari sang suami. Selain disiplin menjaga daya tahan tubuh, ia juga selalu memakai masker di dalam rumah.

“Kalau saya pribadi memang di rumah pun pakai masker, kecuali makan sama tidur, atau lagi sendirian di kamar. Bisa jadi itu (memakai masker di rumah) yang melindungi saya, bisa juga hal lain, enggak tahu pasti,” kata dia.

Sebagai keluarga penyintas Covid-19, Luna berharap gerakan memakai masker dalam rumah bisa lebih digencarkan. Terutama bagi mereka yang masih memiliki aktivitas pekerjaan di luar rumah. Hal itu sekaligus membantu menekan penyebaran Covid-19 dari klaster keluarga.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Waspada, Bekasi Berpotensi Hujan Petir Sore Hari

Jumat, 16 April 2021 | 09:21 WIB
X