bank bjb Dorong Kemajuan Ekonomi Desa Lewat Penghargaan BumDes bjb Bungah

- Jumat, 10 Desember 2021 | 16:56 WIB
BUmDes Munjul Jaya Kabupaten Subang diganjar berbagai hadiah dan dinobatkan sebagai BUMDes terbaik mitra PPOB bjb tingkat provinsi bersama BumDes Ciasem Baru Bersatu. (bjb)
BUmDes Munjul Jaya Kabupaten Subang diganjar berbagai hadiah dan dinobatkan sebagai BUMDes terbaik mitra PPOB bjb tingkat provinsi bersama BumDes Ciasem Baru Bersatu. (bjb)

BANDUNG -- Sebagai bank pembangunan daerah, bank bjb senantiasa memiliki komitmen untuk memajukan perekonomian masyarakat, tak terkecuali masyarakat desa. Oleh karenanya, bank bjb telah menjalin berbagai kerja sama program dengan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) di berbagai wilayah, terutama Jawa Barat dan Banten.

Salah satunya adalah dengan menggelar acara apresiasi terhadap BumDes yang tercatat telah memaksimalkan perannya dalam memfasilitasi masyarakat mengakses layanan keuangan. Apresiasi tersebut diberikan dalam gelaran Penghargaan BumDes bjb Bungah di Kota Bogor, Senin 6 Desember 2021.

BumDes yang hadir adalah para BumDes mitra PPOB bank bjb. Dalam kesempatan tersebut, BUmDes Munjul Jaya Kabupaten Subang diganjar berbagai hadiah dan dinobatkan sebagai BUMDes terbaik mitra PPOB bjb tingkat provinsi bersama BumDes Ciasem Baru Bersatu.

Baca Juga: Komitmen Berantas Korupsi, bank bjb Peringati Hakordia 2021

"Sebagai bentuk apresiasi bagi BumDes sebagai agen PPOB bjb, kami memberikan penghargaan kepada BumDes dengan transaksi tertinggi di pembayaran pajak kendaraan dan PBB,” ungkap Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan bjb Isa Anwari pada acara pemberian penghargaan.

Adapun kriteria penilaian apresiasi didasarkan pada jumlah transaksi terbanyak dalam kategori pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di masing-masing BumDes. Minimal tercatat 300 transaksi PKB dan PBB melalui PPOB untuk BumDes kabupaten/kota, dan minimal 500 transaksi untuk BumDes kategori tingkat provinsi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Subang Lovita Adriana Rosa mengatakan bahwa dirinya turut berbahagia atas prestasi yang telah diraih BumDes di Subang. Para pengurus BUMDes tersebut, dia mengatakan, rutin berdiskusi dan senantiasa didorong untuk meningkatkan partisipasi pembayaran setoran pajak warga desa.

Baca Juga: bank bjb Raih Predikat Indonesia Trusted Company di Ajang CPGI Award 2021

"Dengan pemahaman yang baik, para pengurus BUMDes memberikan rekomendasi-rekomendasi perpajakan bagi masyarakat. Langkah ini merupakan upaya Samsat Subang untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya membayar pajak. Sebagai salah satu sumber pemasukan bagi daerah, pajak menjadi elemen penting dalam mensukseskan program-program kesejahteraan rakyat," ungkap Lovita.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

X