Kurang dari 10 Persen Angkot di Kab Bekasi yang Sudah Lolos Uji Kelayakan

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:13 WIB
Jumlah angkot di Kabupaten Bekasi yang sudah lolos uji kelayakan jumlahnya masih di bawah angka 10 persen/ilustrasi (bekasikab.go.id)
Jumlah angkot di Kabupaten Bekasi yang sudah lolos uji kelayakan jumlahnya masih di bawah angka 10 persen/ilustrasi (bekasikab.go.id)

CIKARANG PUSAT, AYOBEKASI  – Pemkab Bekasi telah memberikan kemudahan dengan biaya terjangkau para pengusaha angkot untuk melakukan uji kelayakan angkotnya.

Sayangnya, biaya uji kelayakan itu belum dimanfaatkan para pengusaha angkot agar kendaraannya dilakukan layak uji sebelum beroperasi di jalan.

Hal tersebut diungkapkan Plt Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna.

“Jumlah angkot yang telah melakukan uji kelayakan di Kabupaten Bekasi itu masih di bawah 10 persen. Jumlah itu hasil dari layak pengujian yang telah dilakukan. Kalau yang tidak ikut layak uji saya tidak tahu karena tidak ada alat ukurnya,” ujar Yana.

Dengan minimnya jumlah angkot layak uji itu dikhawatirkan berpengaruh terhadap keselamatan para penumpang. Apalagi layak tidaknya angkot dioperasikan tidak mudah diketahui masyarakat atau penumpang yang menggunakan jasa transportasi umum.

“Dari kasat mata, layak tidaknya angkot itu beroperasi itu tidak bisa terlihat, tidak tahu kapan rem akan blong, ini yang kita khawatirkan, apabila tidak diperiksa ya cukup berat, kemungkinan resikonya juga cukup tinggi,” katanya.

Yana mengakui pihaknya terus melakukan imbauan agar semua angkot di Kabupaten Bekasi bisa melakukan uji kelayakan jalan. Manfaatnya juga cukup banyak, selain meningkatkan faktor kemanan para penumpang juga para pengusaha bisa meminimalisir atau mengantisipasi kendala yang akan terjadi saat angkotnya beroperasi.

“Mereka para pengusaha dan pemilik angkot bisa dengan aman dan nyaman karena sudah mendapatkan lolos uji,” ujarnya seperti dilansir laman Pemkab Bekasi, www.bekasikab.go.id.

Yana juga mengungkapkan standar harga yang ditetapkan per unit angkot untuk melakukan uji kelayakan yaitu sebesar Rp45 ribu.

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Sumber: Bekasikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

bank bjb Terus Bergerak Positif Hingga Triwulan 3 2021

Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:22 WIB

Kota Bekasi Menuju Herd Immunity

Kamis, 21 Oktober 2021 | 07:11 WIB

Kabupaten Bekasi PPKM 2, Ekonomi Diharapkan Pulih

Kamis, 21 Oktober 2021 | 06:59 WIB
X