Pemkab Bekasi Gagas Program CSR Terintegrasi dari Korporasi

- Senin, 11 Oktober 2021 | 07:55 WIB
Pj Bupati Dani Ramdan saat memimpin rapat koordinasi antara pemerintah daerah dengan pimpinan kawasan dan perusahaan, di Hotel Nuanza, Jumat (8 Oktober 2021) (newsroom diskominfosantik Kab Bekasi/nurachman akbar)
Pj Bupati Dani Ramdan saat memimpin rapat koordinasi antara pemerintah daerah dengan pimpinan kawasan dan perusahaan, di Hotel Nuanza, Jumat (8 Oktober 2021) (newsroom diskominfosantik Kab Bekasi/nurachman akbar)

CIKARANG SELATAN, AYOBEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi menawarkan gagasan baru sebagai formulasi untuk mengintegrasikan corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan agar pembangunan di Kabupaten Bekasi lebih merata.

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan menginginkan bantuan CSR atau tanggung jawab sosial dan lingkungan dari perusahaan  menyasar pada pembangunan yang bersifat prioritas dan lebih proporsional.

"Kami berharap CSR ini lebih terstruktur dan terorganisasi, jadi kita lebih kepada mengarahkan dan mengambil laporannya. Namun kedepan kita ingin pengarahan ini lebih intensif dari sisi pemerintah kabupaten supaya sesuai dengan prioritas  dan kebutuhan masyarakat," ucap Dani Ramdan,  seusai memimpin rapat koordinasi antara pemerintah daerah dengan para pimpinan kawasan dan perusahaan, di Hotel Nuanza, Jum'at (8 Oktober 2021).

Dani juga menyampaikan bahwa keinginan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bekasi yakni tersentuhnya pembangunan yang merata di setiap daerah dengan tidak terfokus kepada wilayah tertentu agar pembangunan tidak tumpang tindih di satu daerah.

"Dengan begitu yang dapat dicapai diantaranya, dari segi lingkungan kami tawarkan proyek normalisasi sungai menjelang musim penghujan dan pembersihan sampah supaya mengurangi resiko banjir yang dapat menyebabkan kerugian," kata Dani.

Lalu lanjutnya, pengembangan kewirausahaan yakni bantuan CSR untuk pengembangan UMKM, Koperasi dan Bumdes serta penyerapan produknya dapat dikaitkan dengan komponen produksi di setiap perusahaan.

Ia memproyeksikan tim kecil  untuk membantu mengorganisir dan menyarankan skala prioritas pembangunan lewat CSR perusahaan.

"Tim kecil inilah yang nanti mengumpulkan data dan mengolah perusahaan mana dan mengembangkan CSR apa. Kalau sudah sesuai dengan prioritas kita atau arahan kita tinggal dilanjut, jika belum kita sarankan untuk digeser lokasinya atau ditambah volumenya,"ujarnya.

Untuk mencapai hal tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi berharap agar dapat terjalinnya kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dengan pihak swasta serta persamaan persepsi antara para pimpinan kawasan dan perusahaan.

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wali Kota Bekasi Lantik Direksi PT Sinergi Patriot

Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:38 WIB

Ratusan Peserta Meriahkan Pasundan Ride bank bjb 2021

Selasa, 12 Oktober 2021 | 17:12 WIB

bank bjb Sabet Tiga Penghargaan TOP GRC Award 2021

Kamis, 7 Oktober 2021 | 18:18 WIB

Begini Syarat dan Ketentuan Vaksinasi di Mal

Rabu, 6 Oktober 2021 | 07:07 WIB
X